Malam Minggu Belajar materi dari mimin
[13/10 17.22]
Semoga yang terima ilmu ini
selalu dalam lindungan Allah yah.. Aamiin.
Dan semoga langsung tergerak hati untuk memulai Nulis sebagai warisan untuk ponakan atau siapapun yang akan kita tinggal kan nantinya. Serem ya kata tinggalkan.
Sesuai janji admin grup literasi sebulan lalu, beliau bakal ngelanjutin _share_ materi kepenulisan di grup lagi.
Langsung saja ya... Berikut pernyataan admin grup literasi... Doakan semoga beliau sehat terus Aamiin Aamiin.. sehingga kita dapat ilmu lagi lagi dan lagi dari nya..
.
.
#############
.
Rencananya, klo nggak ada _udzur_ , saya bakal menyediakan waktu *Empat Hari Nonstop* _(tanggal nyusul)_ berbagi ilmu di grup ini ^^
*_Setelah empat hari tuntas ngapaen?_*
Nah... ini nih yg jadi pertimbangan saya beberapa minggu lalu. Saya akan tetap memfungsikan grup ini *tetap hidup dg wawasan2 kepenulisan baru*
Hanya saja *enggak nonstop* yaa *tapi terjadwal*
##
Itulah kenapa, saya sengaja menggabungkan beberapa kelas agar lebih efektif dan efisien saja... Saya juga lebih mudah nengokin kelas... Enggak keteteran apalagi sampek terbengkalai π✌️
_Trus nanti bole kirim contoh tulisan pribadi ke sini gak, Mbak? Biar teman-teman ngasi kritik saran gitu?_ *Boleh*
_Klo pengen request materi diizinin kah?_ *Silakan*
Intinya... Kuy... Kita saling berbagi ilmu... apaaa aja... asal masih dalam ranah kepenulisan dan sistem bisnisnya π
Saya ke sini mau meramaikan grup dengan ilmu yang in syaa Allah bermanfaat untuk kita di grup iniπ
Kita mulai belajar lagi yah gaesπ✌π»
Ini jadwalnya:
1️⃣ *Materi #1:* Selasa, 13 Oktober'18 pukul 19.00 WIB oleh Felia
2️⃣ *Materi #2:* Rabu, 14 Oktober'18 pukul 10.00 WIB oleh Felia
3️⃣ *Materi #3:* Rabu, 14 Oktober'18 pukul 14.00 WIB oleh Rahma (admin disini selain aku)
4️⃣ *Materi #4:* Jumat, 15 Oktober '18 pukul 14.00 WIB oleh Rahma (admin disini selain aku)
Materi dimulai
PELAJARAN #1
Selamat datang berjumpa lagi, Kali ini *Komunitas Menulis & Bisnis* baru sebagai Program lanjutan dari Kelas Sebelumnya, *Kelas Menulis Produktif.* Jadi teman-teman yang mendapatkan materi di kelas ini umumnya sudah mendapatkan materi dikelas sebelumnya.
Baik mari kita mulai dengan *Pelajaran Kreatif 1: Menulis kreatif itu harus di dipersiapkan.*
Teman-teman literasi semua, saat ini dunia kepenulisan tidak terbatas kepada dunia yang kaku dan lurus. Bagi anda yang sudah lama terjun dalam dunia kepenulisan tentunya tahu makna dari menulis kreatif bukan?
Wah, menulis saja kadang sudah berat apalagi memerlukan keseimbangan untuk kreatif ya? Hehe...
Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah menulis kreatif, kali ini kita akan membahas tulisan kreatif saat ini. Menulis kreatif bisa dibilang *gaya menulis modern.* Dilihat dari segi gaya tulisan saja sudah berbeda. Tulisan kreatif lebih cenderung ke arah novel, puisi atau cerpen, buku non fiksi populer, jenis buku how to, motivasi, inspirastif dll.
Tulisan kreatif lebih bertujuan untuk menyampaikan tulisan dan suatu cerita kepada pembaca dengan gaya se-asik dan se-ringan mungkin untuk dimengerti.
Nah, bidang tulisan kreatif ini juga sudah banyak membentuk hasil tulisan populer saat ini. Banyak juga yang sukses dengan menggunakan tulisan kreatif. Apabila anda mempunyai bakat dan ketertarikan dalam bidang tulisan kreatif, jangan ragu untuk mencobanya. Lalu bagaimana caranya?
*1. Buat Kerangka Tulisan Kreatif*
Bukan hanya pemula, para penulis senior juga masih tetap menggunakan draft sebagai tulisan kotor mereka. Draft juga berfungsi sebagai wadah ide-ide anda, jika ide tidak segera ditulisakan anda bisa lupa dan akhirnya kehilangan poin utama dari cerita anda.
Mulailah dengan pembukaan, hook atau poin penarik pembaca, inti cerita, problematika, penyelesaian dan juga penutup. Setelah draft atau rangka tulisan selesai, anda bisa mulai menuliskan keselruhan cerita.
Dengan begitu akan lebih memudahkan anda untuk menuliskan karangan anda. Dalam konteks ini saya selalu mengarahkan kepada para peserta program *Mentoring Menulis* untuk menyiapkan kerangka tulisa terlebih dahulu. Kerangka tersebut berisi, rencana dan target penulisan, point-point penting dalam ide buku yang akan ditulis, yang diadopsi dari ide pikiran.
Alhamdullah, setelah berjalan beberapa angkatan, kini sudah banyak para alumni yang sudah berhasil menulis buku dan diterbitkan, diantaranya, sila silahkan simak gambar ini:
BTW, soal *Mentoring Menilis* dari 7-15 oktober lagi dibuka untuk angkatan 7. Tapi gak dibuka untuk umum, dan dibatasi hanya untuk 20 peserta perangkatan.
Ok, mari kita praktekan cara membuat kerangka penulisan yang sederaha namun mudah untuk dipraktekkan.
Contoh Membuat Kerangka
Nama : Ahmad Husnul
Tema : Motivasi Anak Muda
Judul : fleksibel bisa buat diakhir Target
Penulisan : 30 hari
Target waktu : 120 Halaman, size A4
Target Harian : 4 halaman
Jam Menulis Harian : pukul 22.00-23.30
Kerangka Naskah
Bab 1: Anak Muda Harus Punya Mimpi
Deskrifsi: dengan memiliki impiran dan tujuan yang jelas, anak muda akan lebih mudah dan cepat mencapai hasil, dan jika sudah jelas mimpi dan tujuannya ia akan punya motivasi dan semangat belajar yang tinggi. Termasuk memilih mentor dan lingkungan yang sesuai dengan tujuan dan mimpi.
Bab 2: Masa Muda Masanya Kreatif
Deskrifsi: semangat semuda semangat melakukan eksperimen, semangat mencoba, semangat mengambil keputusan, semangat pemberani. Itulah mengapa anak muda menjadi corong kreatifitas dimasa kini. Pertanyaanya bagaimana menjadi anak muda yang kreatif.
Bab 3
.
.
.
.
Sd Bab 20
Ok, silahakan Anda tulis dalam sebuah kertas, buku, notebook dll, tentang kerangka tulisan Anda sekarang. Jika belum menulis, saya larang Anda membeca bab selanjutnya, karena jika anda anda ingin jadi penulis kreatif maka wajib Action... action... dan action. Siaap???
*2. Terus Latihan Menulis*
Ingat!!! Semua orang yang bisa baca-tulis, pasti bisa menulis. Hanya saja jika kemampuan yang anda punya tidak dilatih maka kemampuan menulis Anda akan tidak terasah. Ilmu kepenulisan memiliki penurunan kualitas jika anda tidak sering-sering melatihnya.
Lagi pula dengan sering-sering berlatih menulis, anda bisa meningkatkan kemampuan untuk membuat suatu karya tulis yang lebih baik dari sebelumnya.
Anda bisa memilih tipe tulisan apakah yang akan anda buat, setelah itu lakukan proofread untuk mengetahui sejauh manakah kemampuan anda untuk menulis kreatif.
Mulai penulis senior ataupun pemula pastinya memiliki waktu-waktu tertentu untuk menulis. Memang menulis tidak bisa dipaksakan, tergantung mood atau suasana hati. Tentunya anda paham apabila penulis memiliki jam-jam kreatif dimana ide akan datang dengan mudah.
Jam-jam inilah yang harus anda tandai. Dengan begitu akan mudah bagi anda untuk mengosongkan waktu.
Coba perhatikan lagi kerangka penulisan, disana saya cantumkan Jam Menulis Harian. Penentuan waktu menulis ini disesuaikan dengan waktu mood dan waktu kreatifitas Anda. Setiap orang memiliki waktu mood dan kreatifitas masing-masing. Itulah waktu terbaik yang Anda miliki.
Silahkan pikirkan dan tentukan waktu tersebut....
Nah, untuk membuat kita konsisten latihan menulis maka tidak akan berguna jika anda tidak memiliki niat ataupun semangat dalam mengerjakan karya tulis anda. Semua harus anda lakukan dengan ketertarikan tinggi untuk menciptakan sautu tulisan kreatif yang menarik banyak pembaca.
Tentunya pembaca bukan suatu tujuan utama, kepenulisan adalah tentang esensi yang anda berikan kepada dunia tanpa menuntut balasan. Jika mereka menyukai karya anda tentunya itu merupakan suatu reward untuk diri anda. Dengan harapan anda harus bisa lebih mengembangkan diri.
Itulah tips dan langkah untuk menulis kreatif. Semoga beberapa hal di atas dapat menginspirasi dan memberikan anda pencerahan untuk berkarya dalam bidang kepenulisan kreatif. Anda juga bisa mencari dan mendapatkan cara-cara lainnya yang dapat membantu anda untuk menciptakan suatu karya tulis. Jangan lupa untuk tetap belajar dari penulis lainnya, jangan ragu untuk bertanya jika anda membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang belum anda mengerti.
Materi ke dua
*MATERI KREATIF #2*
Setelah kita membahas Materi Kreatif #1, hari ini kita akan membahas Materi Kreatif #2, yaitu: *POIN-POIN DASAR UNTUK MENULIS KREATIF.*
Jika di sini ada salah satu peserta atau alumni dari *Program Mentoring Menulis* maka materi menulis kreatif menjadi materi penting yang menjadi acuan kreativitas dan menulis. BTW, udah daftar belum? Hehehe π
*_Kuy, kita mulai yaa_*
Teman-teman semua, menulis kreatif merupakan seni menulis untuk mencurahkan perasaan dan emosi, seperti rasa cinta atau kehilangan, dengan menggunakan imajinasi. Bisa dalam bentuk puisi, novel, ataupun cerpen.
Dalam materi ini, kita akan membahas tentang penulisan kreatif yang tak boleh Anda lewatkan. Yuk, kita simak bersama. *Penulisan kreatif* termasuk: puisi, drama, film dan naskah televisi, fiksi (novel, cerpen), lagu, pidato, memoar, esai personal.
Jenis penulisan nonfiksi, yaitu memoar dan esai personal, dapat dipertimbangkan sebagai penulisan kreatif.
Penulisan yang memberikan informasi kepada pembaca tentang hidup Anda ini, bisa ditulis dengan gaya penuturan orang pertama secara kreatif dan ekspresif.
*Teknik* yang digunakan dalam *penulisan kreatif* termasuk: pengembangan karakter dan plot, latar yang jelas, tema pokok, sudut pandang, dialog, anekdot, metafora dan kiasan, bahasa imajinatif, daya tarik emosional, serta deskripsi yang mendalam.
Ada istilah, *_“Show, don’t tell.”_* Istilah ini sering menyampaikan saat mengajarkan tips menulis kreatif, yaitu _“Show, don’t tell”_ *(suguhkan, jangan ceritakan).*
Anda sebaiknya tidak hanya ‘menceritakan’ saat menulis, namun lebih baik Anda ‘menyuguhkan’-nya.
*Lalu, bagaimana caranya bisa menerapkan konsep ini?*
Yuuk... simak ulasan berikut π
[17/10 20.30] +62 858-1277-0438: *MATERI KREATIF #4*
Terima kasih teman-teman sudah setia mengikuti program *Menulis Kreatif* dari Materi 1 sampai dengan 4 ini. Nah, kali ini adalah pelajaran yang wajib Anda praktikkan karena jika tidak dipraktikkan enggak akan ada manfaatnya a.k.a unfaedah π
Ok pelajaran kita malam ini, yaitu *Rahasia Bagaimana Anda Bisa Membuat Tulisan Kreatif yang Viral dan Di- _share_ oleh Banyak Orang.* Ini merupakan rahasia bagaimana Anda dapat memicu orang-orang agar mau klik tombol _SHARE_ di status _Facebook_ Anda.
Rahasia bagaimana Anda mampu menjadikan mereka sumber trafik GRATISAN yang bisa diandalkan dan kabar terbaiknya, bisa langsung Anda praktikkan dalam bisnis Anda saat ini.
*_Mau?_*
Jika mau, yuk baca tulisan ini sampai habis...
Karena semakin Anda membacanya, semakin Anda mudah memahaminya.
"Apa maksudnya?"
"Bagaimana cara melakukannya?"
"Apa _insight_ -nya buat saya?"
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita gunakan hasil penelitian Jonah Berger yang tertuang dalam bukunya *_"Contagious: Why Things Catch On."_*
Ternyata, setelah Bang Tebe melakukan uji coba selama 5 tahun, apa yang dikatakannya benar-benar memberikan dampak yang signifikan.
Gak percaya?
Anda nggak perlu harus percaya begitu saja sekarang, tapi juga jangan tidak percaya begitu saja sebelum Anda ketahui ramuannya.
Apa saja itu?
Kuy... simak ulasannya π
[17/10 20.30] +62 858-1277-0438: Ini dia rahasianya π
*_STEPPS (Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, & Stories)_*
1️⃣ *KEBANGGAAN DIRI*
Intinya: orang-orang akan mendapatkan kebanggaan ketika menge- _share_ konten yang Anda buat. Oleh karena itu, buatlah konten yang membuat mereka bangga. Caranya?
✅ *Pertama,* Bahas Hal-Hal Positif dan Bermanfaat.
Cara termudah membuat konten viral adalah dengan menulis sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang.
Anda bisa memulainya dengan menuliskan:
⏺️kalimat-kalimat renungan,
⏺️kata-kata motivasi,
⏺️kutipan-kutipan hadits,
⏺️ayat-ayat Al-Qur'an,
...dan sebagainya.
Gak akan ada yang gak suka. Kecuali teman Anda emang udah sentimentil banget sama Anda Sebelumnya ✌️
✅ *Kedua,* Buat Sesuatu yang Baru.
Pikirkan sesuatu yang memang baru, unik, dan "makjleb" bagi pembaca.
Misalnya:
⏺️cerita bergambar,
⏺️album foto yang unik, dan sebagainya.
Yang pasti, selain unik dan baru, semuanya itu harus membuat mereka berkata dalam dirinya: *_"Gila!!! Ini keren banget..."_* π±
Silakan pikirkan... ^_^
[17/10 20.30] +62 858-1277-0438: ✅ *Ketiga,* Angkat Topik Organisasi atau Kelompok Tertentu.
Jika Anda tergabung dalam komunitas, organisasi, atau kelompok tertentu, maka angkatlah sebuah topik yang menjadi _value_ dan tujuan bersama.
Tulislah di sosial media, _Facebook_ misalnya.
Setelah itu Anda lakukan, terlebih dibaca oleh mereka, maka kemungkinan besar mereka akan menge- _share_ -nya.
*_Kenapa?_*
Karena baginya, itulah yang mereka pikirkan dan rasakan. Sama. Sepemahaman. Walaupun memang, akan ada orang-orang tertentu yang tidak menyukainya, karena merasa tak sepehaman dengannya. Ini konsekuensinya. Silakan pertimbangkan... π
[17/10 20.31] +62 858-1277-0438: 2️⃣ *MUDAH DIINGAT*
Intinya: mereka akan menge- _share_ konten yang mudah diingat.
Konten yang mudah diingat akan selalu populer di khalayak dan bernafas panjang.
Gimana cara buatnya?
✅ *Pertama,* Buatlah Istilah Baru.
Penggunaan istilah memudahkan mereka dalam menjelaskan ke orang lain.
Kalau Anda menemukan sebuah konsep atau ide tertentu, lalu Anda menamakannya dengan istilah baru, maka orang lain akan semakin mudah mengingat konten Anda sebagai solusi permasalahan mereka.
Contoh:
Kamk menggunakan istilah "PELOPOR LITERASI" untuk menamakan *Komunitas Pencinta Menulis dan Bisnis.*
Atau menggunakan istilah _"WRITERPRENEUR"_ untuk menamakan penulis yang bermental _enterpreneur._
Kami pun menggunakan istilah "Semangat Bermanfaat", untuk menggambarkan konsep: Menebarkan manfaat setiap saat dengan tulisan.
Kebayang?
Banyak orang tahu dan paham konsep itu setelah kami menggunakan istilah tersebut.
✅ *Kedua,* Gunakan Gambar yang Mendukung.
Gambar akan mempermudah manusia dalam mencerna isi konten. Tidak hanya itu, gambar juga akan membuat mereka ingat dengan konten Anda. Oleh karena itu, sertakan minimal satu gambar yang unik pada konten Anda.
Saya bahkan menjadikan "gambar" sebagai sesuatu yg wajib saya _post_ bersamaan dengan tulisan. Tujuannya: mendukung isi tulisan. Bahkan, beberapa status FB saya yang pendek-pendek, tapi punya gambar yang "menohok", _quote_ makjleb misalnya.
Silakan dicoba...
✅ *Ketiga,* Susun Tulisan yang Rapi.
Perhatikan baik-baik, apakah Anda menyadari begitu nyamannya Anda membaca tulisan ini? walaupun sangat panjang dan berisi 2000+ karakter.
Tanya, kenapa? Kok bisa?
Jawabannya adalah karena saya memerhatikan betul format penulisannnya... Bisa Anda bayangkan jika apa yang saya _share_ di grup ini menggunakan format seperti ini, tanpa ada titik koma, tanpa ada paragraf dan alinea baru serta tanpa memerhatikan huruf besar dan huruf kecil disetiap penulisannya, bayangin nyaman gak Anda bacanya. Pastinya lelah gak matanya.
Coba perhatikan status, atau tulisan yang gak pakai sistematika penulisan yang baik dan benar.
Bisa dirasakan jika semua tulisan berformat seperti itu, dijamin pegel matanya!
Boro-boro mau nge- _share,_ bacanya aja males... Bener gak? π
Kebayang ya?
Makanya, perhatikan cara nulis Anda. Jangan terlalu banyak kata dalam 1 kalimat, jangan juga terlalu banyak kalimat dalam 1 paragraf. Sering-sering aja pencet _"enter"_ di _keyboard_ HP dan Laptop Anda.
Karena semakin ke bawah, semakin sedikit kata yang kita baca. Kalau paragraf dalam tulisan Anda mengandung banyak kata dan kalimat, pembaca tidak akan mengerti apa isinya. Yang seperti ini tidak enak dibaca.
Semakin mudah dicerna, semakin mudah pula untuk diingat. Berlaku sebaliknya, semakin susah dicerna, semakin susah pula untuk diingat.
[17/10 20.31] +62 858-1277-0438: 3️⃣ *TOPIKNYA POPULER*
Intinya: orang-orang akan sering menge- _share_ konten yang topiknya lagi populer.
Oleh karenanya, buatlah konten-konten seperti berikut yaa π
✅ *Pertama,* Lagi Hot.
Apapun yang lagi jadi _trending_ topik saat itu, maka buatlah konten tersebut.
Masih ingat fenomena "Om Telolet Om"? atau yang sekarang lagi viral kasus hoax...
Nah, itu contohnya.
Konten tersebut yang gokil abis, khususnya berupa konten video, banyak di- _share_ di jamaah fesbukiyah di linimasa...
Termasuk, fenomena _background_warna di FB sekarang. Walaupun itu gak layak _share_ sih, alay soalnya. Hahaha
Tapi poinnya, coba cari topik yang lagi hot, lalu buatlah versi Anda sendiri. Okey?
✅ *Kedua,* Berita Baru.
Pernah lihat orang yang foto _screen shoot_ bayaran "tagihan listrik" di FB?
Bagi orang yang tahu, tarif listrik baru-baru ini lagi naik. Bagi mereka yang gak tahu, seakan kaget bin kezl, mereka foto tagihannya dan di- _upload_ ke _Facebook._
Beberapa gambar bahkan viral, termasuk muncul di _timeline_ saya.
Kenapa?
Karena itu berita baru yang mengagetkan.
✅ *Ketiga,* Kabar Heboh atau Kontroversi.
Masih ingat fenomena _"Flat Earth"?_
Ya, fenomena bumi datar sempat meramaikan pergerakan _timeline_ di FB. Kenapa?
Karena itu kabar heboh dan kontroversi bagi kita yang selama ini meyakini bahwa bumi itu bulat. Bener gak?
Nah, itu... Silahkan dicoba dan dipraktikkin ya...
*Catatan Penting !!!*
⏺️Buatlah tulisan yang sesuai dengan arahan tersebut.
⏺️Lakukan itu secara konsisten untuk percobaan selama 7 hari.
⏺️Selalu _up date_ pada isu atau topik hangat lalu mengulasnya.
⏺️Praktkk terus. Nulis terus. Jangan banyak males *_take action._*
Dan saya pastikan tulisan Anda akan semakin menarik.
Bisa dipahami? π
Tidak ada komentar:
Posting Komentar